Senin, 20 Maret 2017 09:39:33 WIB
Text : Matt - Foto : Shell

Kegiatan Otomotif

Anak Bangsa Kibarkan Merah Putih di SEM Asia

Anak Bangsa Kibarkan Merah Putih di SEM Asia

Thingsauto.com, Singapura: Anak bangsa kembali memberikan kebanggaan kepada bangsa Indonesia melalui ajang otomotif tingkat Asia yaitu Shell-Eco Marathon (SEM). Ajang ini menjadi pembuktian konsep dan ide yang berwujud nyata dalam bentuk kompetisi produk kendaraan ramah lingkungan.

SEM Asia yang berlangsung di Changi, Singapura (19/3) berlangsung cukup meriah, apalagi tim Bengawan 2 dari Universitas Sebelas Maret (UNS), Solo dan Tim ITS 2 dari Insitut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya mengoleksi posisi podium 2 dan 3..

Masing-masing mereka meraih juara dua dan tiga di ajang Driver’s World Championship Asia pada penutupan festival Make the Future Singapore. Keduanya pun bakal mewakili Asia di ajang global di London.

Bersama tim mahasiswa dari Filipina yang menjadi juara pertama, tim Bengawan 2 dan tim ITS 2 akan mewakili Asia di ajang DWC Global di London pada Mei mendatang. Prestasi ini melengkapi dominasi kemenangan enam tim Indonesia sebelumnya di kategori UrbanConcept yang mencatat rekor jarak tempuh baru melalui tim Sadewa dari Universitas Indonesia.

Tim Sadewa dari Universitas Indonesia mencatat hasil 375 km per liter. Hasil ini merupakan pemecahan rekor atas hasil yang mereka capai di tahun 2014 dengan 301 km per liter.

“Bagi kami ini seperti mimpi. Tak pernah terpikirkan untuk menjadi juara kedua, apalagi sampai ke London. Alhamdulillah kerja keras kami semua terbayar lunas hari ini. Yang pasti, ini belum selesai, kami harus mempersiapkan diri sebaik-baiknya untuk kompetisi di London nantinya,” ujar Manajer Tim Bengawan 2, Ivan Fadil.

Nada serupa juga diungkapkan tim ITS 2. “Kemenangan ini adalah kebanggaan yang membayar seluruh kerja keras satu tim ITS 2. Kami semua memiliki mimpi yang sama, dan bahu-membahu kami mengusahakan mimpi itu terwujud. Sekarang saatnya kami mempersiapkan diri sebaik-baiknya untuk bertarung di DWC London,” ujar Annas Fauzy, Manajer Tim ITS 2.

Kedua tim Indonesia akan berangkat ke London bersama dengan tim mahasiswa dari Filipina yang menduduki podium untuk pemenang tingkat Asia di Singapura. Mereka akan mempersiapkan diri untuk berhadapan dengan tiga tim terbaik lain dari Amerika dan Eropa untuk memenangi grand final dan meraih pengalaman seumur hidup di markas Scuderia Ferrari.