Jumat, 24 Maret 2017 07:28:13 WIB
Text : Matt - Foto : Suzuki

Motor Baru Suzuki

Pasar Motor Bebek yang Tetap Menggemaskan

Pasar Motor Bebek yang Tetap Menggemaskan

Thingsauto.com, Jakarta: Fenomena pasar motor bebek terutama yang kapasitasnnya 100-115 cc, turun cukup drastis dibandingkan dengan beberapa tahun lalu. Tapi APM mengakui segmen ini masiih tetap menggemaskan, hingga Honda dan Yamaha tetap mempertahankannya.

Tapi secara mengejutkan Suzuki ternyata masih konsisten mempertahankan varian motor bebeknya di segmen ini yaitu Smash FI. Terbukti kini mereka merilis versi terbaru motor tersebut dengan bodi yang lebih gambot.

"Kebutuhan dasar transportasi masyarakat, terutama di daerah-daerah terutama selain pulau Jawa, masih cukup besar. Makanya kami memproduksi lagi New Smash FI yang sanggup memenuhi persyaratan ketangguhan, keiritan dan kedahsyatan tenaga untuk melintasi berbagai karakter jalan yang menantang,” ujar Yohan Yahya, Departemen Head Marketing & Sales 2 Wheel, PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM), Margono Tanuwijaya juga menanggapi hal tersebut di momentum yang berbeda. Ia menegaskan bahwa pasar motor bebek khususnya di segmen mesin 100-115 cc tak semakin menurun. Bahkan lebih kecil dari pasar motor tipe sport yang dulunya justru paling sedikit.

"Kami tetap optimis, permintaan di segmen itu tetap akan ada. Makanya mungkin riset takkan seperti dulu lagi. Tapi tetap akan mengikuti regulasi, misalnya seperti penggunaan teknologi injeksi dan lain sebagainya."

Sementara Yamaha melihat pasar ini sebagai sebuah segmen yang cukup jadi pelengkap. Apalagi sudah ada bebek dengan kapasitas mesin yang lebih besar seperti 125 cc dan 150 cc. Dari sisi gengsi dan gaya, pastinya kapasitas besar dianggap cukup mumpuni.