Jumat, 24 Maret 2017 13:00:59 WIB
Text : Matt - Foto : Wuling Motors

Pasar Otomotif Nasional

Wuling Bisa Bikin Getar Brand Otomotif Jepang

Wuling Bisa Bikin Getar Brand Otomotif Jepang

Thingsauto.com, Jakarta: Wuling Motors melakukan ekspansi besar-besaran untuk pasar nasional. Ini bukan sesuatu yang main-main. Ini menjadi indikasi bahwa pasar nasional dan ASEAN memang menjanjikan.

Namun ada pertanyaan besar tentang penetrasi mereka yang kemungkinan bisa menggeser dominasi mobil Jepang. Pengamat otomotif dan jurnalis senior otomotif nasional, Soni Riharto menganggap bahwa mereka mungkin bakal melakukan strategi berbeda.

"Wuling membawa dana besar ke pasar nasional ini bukan sesuatu yang main-main. Mereka melihat ceruk pasar yang cukup besar untuk otomotif nasional. Bahkan mereka tak ragu dan langsung membangun pabrik untuk memberikan kemudahan membangun standar harga mereka sendiri di pasar nasional dan untuk pasar ASEAN," ujar Soni.

Strategi yang mulai terbaca adalah meluncurkan MPV, sebagai penggebrak di segmen padat. Mereka berani bermain di segmen padat itu karena Wuling Motors MPV adalah rajanya MPV secara global. Kemudian pasar nasional juga cukup seksi, karena daya beli, infrastruktur, besaran pajak hingga budaya yang mengutamakan kekeluargaan.

"Kita tidak bisa bohong, kalau budaya beli masyarakat untuk segmen MPV memang sangat besar. Masyarakat kita cenderung berpikir untuk membeli mobil yang nyaman digunakan bukan hanya untuk pergi sendiri, tapi juga digunakan beramai-ramai dengan keluarga. Inilah yang menjadi pertimbangan khusus mengapa MPV cukup potensial bagi brand sebesar Wuling yang berani tanam investasi besar di Indonesia."

Alasan kedua bagi Soni adalah infrastruktur jalan yang belum sepenuhnya bagus. Secara otomatis butuh spesifikasi mobil yang punya ground clearance tinggi. Karena penggunaan sedan sudah tidak memungkinkan. Lalu yang terakhir adalah pajak. Jika dibandingkan dengan besaran pajak dengan segmen yang lain seperti sedan, maka MPV punya pajak lebih ringan ketimbang segmen sedan.

Dari keempat hal tersebut, disimpulkan bahwa memang MPV sangat pantas mereka masuki untuk pasar nasional. Apalagi memang brand Jepang sudah lama menikmati ceruk pasar di segmen ini.

Tapi Soni juga menegaskan bahwa mereka belum tentu bisa mengejar brand Jepang di pasar nasional. Mengingat orang itu Indonesia itu brand minded.